Kamis, 09 Februari 2017

JENIS JARINGAN

Jenis Jaringan Komputer                                            

Jenis Jaringan Komputer, Jaringan Komputer adalah, Jaringan komputer LAN, Contoh jaringan LAN,  Jaringan Komputer MAN, Contoh jaringan LAN, Jaringan Komputer WAN, Contoh jaringan LAN.

 1.   Local Area Network (LAN ) / Jaringan Area Local

Jaringan Komputer LAN adalah jenis jaringan komputer yang dibatasi area yang  relatif kecil seperti dalam sebuah perkantoran, sebuah gedung atau sebuah sekolah. Umumnya luas jangkauan jaringan sebatas 1 km2. Komputer yang terhubung dalam suatu jaringan (network) disebut workstation.Jenis jaringan komputer yang disebut LAN dalam menghubungkan antar workstation menggunakan media transmisi kabel dan saat ini dalam jangkauan untuk jaringan komputer LAN menggunakan kabel UTS/STP. Pemilihan kabel UTP/STP untuk Jeringan komputer LAN dikarenakan biaya yang relative murah dan media transmisi kabelnya yang baik dibandingkan kabel Coaxial.



Baca artikel tentang 


PENGERTIAN DAN FUNGSI KABEL UTP DAN KABEL STP

Kabel twisted Pair terbagi menjadi dua jenis yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dan Unsielded Twisted Pair (UTP). kabel STP adalah........... 

Penggunaan Jaringan komputer yang menggunakan LAN dapat ditemui dalam sebuah gedung perkantoran, kampus, Sekolah maupun digunakan dirumah dikarenakan lingkupnya lebih menyempit hanya untuk area satu gedung.


Contoh Jaringan Komputer LAN :

Dalam satu gedung sekolah dapat mengakses data yang terhubung dalam ruangan Kantor, Aula dan kantin dalam satu net IP. 

Jenis Jaringan Komputer, Jaringan Komputer adalah, Jaringan komputer LAN, Contoh jaringan LAN,  Jaringan Komputer MAN, Contoh jaringan LAN, Jaringan Komputer WAN, Contoh jaringan LAN.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Komputer LAN :

Kelebihan 
  • Dalam Jaringan komputer jenis LAN antar workstation dapat berbagi sumber daya secara bersama sama seperti berbagi file dari server ke client atau dari client ke client, dapat berbagi printer secara bersama –sama dan masih banyak yang dapat dibagi antar workstation.
  • Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi.
  • Salah satu jenis Jaringan komputer yang memiliki Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif karena untuk pemilihan type jaringan client-server sudah terpusat di server.
  • Lebih banyak terminal yang terhubung ke sistem. Memungkinkan komunikasi melalui e-mail karena terkonektivitas oleh internet yang terhubung dalam satu jaringan.
  • Adanya pembakuan user interface
  • Perlindungan investasi dan rahasia data karena adanya server pengatur dan password

Kekurangan
  • Instrumentasi tidak sederhana karena membutuhkan banyak peralatan dalam membangun jaringan LAN
  • Ada kemungkinan password dapat ditembus karena pembobolan lewat jaringan sangat mudah
  • Perlu pengendali pemakain software
  • Software harus dirancang untuk multi user
  • Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan)
  • Virus mungkin dapat menyebar melalui jaringan dan memungkinkan adanya gangguan dalam jaringan yang menurunkan kinerja jaringan.


2. Metropolitan Area Network (MAN)/ Jaringan Area Metropolitan

Jaringan MAN adalah jaringan komputer yang memiliki skala lebih besar dari LAN, meliputi antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti propinsi atau Negara) atau antar wilayah dalam satu provinsi. Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km.

Di dalam jaringan komputer jenis MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output. Namun ada alasan utama untuk memindahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE.DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.

Contoh : Bank BNI memiliki cabang disurabaya, maka dalam beberapa cabang dalam Surabaya dapat bertukar data menggunakan jaringan MAN.

Contoh Jaringan Komputer MAN :

Perusahaan A yang erada di Jakarta memiliki cabang di 3 kota yaitu A1 di Surabaya, A2 do kota Solo dan A3 dikota Palembang. Dari 4 perusahaan tersebut dapat saling mengakses data karena terhubung dalam 1 jaringan MAN.
Jenis Jaringan Komputer, Jaringan Komputer adalah, Jaringan komputer LAN, Contoh jaringan LAN,  Jaringan Komputer MAN, Contoh jaringan LAN, Jaringan Komputer WAN, Contoh jaringan LAN.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Komputer MAN :

Kelebihan
  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga
contoh :  ATM Bank unluk wilayah nasional)       
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail,chatting dan Video Conference (ViCon).

Kekurangan
  • Biaya operasional mahal
  • Instalasi infrastrukturnya tidak mudah
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).

3.    Wide Area Network (WAN) /Jaringan Area Skala Besar

Pengertian jenis Jaringan WAN adalah sebuah jaringan komputer yang mencakup area lebih luas dibawah internet yang mencakup antar Negara hingga antar Benua. WAN adalah jaringan komputer yang lingkupnya menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps.

Jika melihat fungsi dari jenis jaringan komputer WAN tidak jauh berbeda dengan jenis jaringan komputer LAN dan MAN. Pada jenis jaringan WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan. Jika dilihat dari segi fungsinya maka jenis Jaringan komputer satu ini yang disebut WAN pada dasarnya adalah sekumpulan dari jaringan komputer jenis LAN yang ada diberbagai lokasi. Dalam menghubungkan antara jaringan komputer LAN dengan jaringan komputer WAN membutuhkan sebuah device yaitu router.

Contoh Jaringan Komputer WAN :

Bank yang ada dibandung dapat berkomunikasi dengan cabang bank yang ada di Hongkong.

Kelebihan dan Kekurangan dari jenis jaringan WAN :

Kelebihan
  • Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas sehingga  untuk memanfaatkan dibidang berbisnis dengan jarak jauh dapat terhubung dengan jaringan ini.
  • Dapat berbagai (share) software dan resources dengan koneksi antar workstations.
  • Pesan dapat di kirim dengan sangan cepat kepada orang lain pada jaringan ini (bisa berupa gambar, suara, atau data yang disertakan dengan suatu lampiran).
  • Dapat berbagi sumber daya seperti Printer
  • Berbagai informasi/file (share) melalui area yang lebih 

kekurangan
  • Biaya operasional mahal dan umumnya lambat memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna yang masuk dapat mengganggu jaringan ini.
  • Menyiapkan jaringan bisa menjadi pengalaman yang sangat mahal dan rumit.
  • Semakin besar jaringan semakin mahal harganya.
  • Keamanan merupakan masalah yang paling nyata ketika orang yang berbeda memiliki kemampuan untuk menggunakan informasi dari komputer lain. Perlindungan terhadap hacker dan virus menambah kompleksitas  lebih dan membutuhkan biaya.
  • Setelah diatur, memelihara jaringan adalah pekerjaan penuh waktu (full time) yang  membutuhkan jaringan pengawas dan teknisi untuk di pekerjakan.
  • Informasi tidak dapat memenuhi kebutuhan lokal atau kepentingan. Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

4.   Internet

Internet adalah jaringan komputer nirkabel yang memanfaatkan media transmisi sinyal untuk bertukar data.Dalam menghubungkan dengan internet menggunakan Gateway dari penyedia jasa internet seperti Telkom.

Contoh : bermain Facebook

Peralatan Untuk Membangun Jaringan Komputer :

  • Router
Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN .

  • Switch
Berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN .

  • Ethernet Card
Ethernet card adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer bisa tersambung menuju jaringan. Biasanya, pada komputer-komputer terbaru, kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu untuk membeli lagi.

  • Ethernet Cable
Yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router/switch  atau bisa juga komputer satu dengan komputer lain.

  • Modem
Modem berpungsi untuk menghubungkan jaringan ke internet.

  • Peralatan lain
Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter. Crimping tool digunakan untuk menyambungkan RJ-45 dengan kabel ethernet. LAN tester digunakan untuk testing kabel LAN telah dibuat. 

Demikian Artikel Mengenai Jenis Jenis Jaringan komputer Dan Semoga Bermanfaat Dalam Menambah Wawasan Pembaca.Untuk membaca artikel lainnya yang berkaitan yaitu tentang JENIS TOPOLOGI JARINGAN DAN PENGERTIANNYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar